Jumat, 11 Desember 2009

Facebook VS Twitter

Beruntunglah bagi kita-kita yang saat ini hidup dalam era komunikasi yang sangat beragam, yang memungkinkan kita bisa update informasi dengan cepat dan mudah dimana saja dan kapan saja. Coba kita tengok beberapa tahun kebelakang, dimana pada jamannya ortu gw waktu seusia kita ini katanya media komunikasi tidak sesemarak seperti saat ini. Saat itu paling mengandalkan telepon “rumah” (HP belum ada kale) atau pake surat-suratan yang perlu nunggu berhari-hari untuk sekedar menyampaikan “I miss you”, wuiihh sabar menanti & keburu basi 
Tapi coba kita lihat saat ini banyak sekali social networking., seperti Friendster, Facebook, Twitter, Myspace, MyOpera, dan lain-lain. Namun yang paling fenomenal adalah social networking Facebook dan Twitter, dimana Facebook hadir menggantikan era kejayaan Friendster. Sedangkan Twitter bersiap menyaingi Facebook ketika jejaring social ini berada dalam era keemasan.
Jika kita melihat dari segi fungsi untuk kedua social networking ini adalah sama, yaitu sebagai media untuk bersosialisasi dan berkomunikasi di dunia maya. Dikarenakan memiliki fungsi yang sama, maka yang menjadikan Facebook dan Twitter ini bersaing ketat adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh masing-masing jejaring social ini.

Menurut pendapat gue sih antara Facebook & Twitter masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, yaitu:
FACEBOOK
• Facebook memiliki fitur-fitur yang lengkap dibandingkan dengan Twitter.
• Dapat meng-update status, comment status, share video, musik, upload foto
• Mempunyai fasilitas Grup yang dapat mempermudah berkomunikasi dengan teman-teman yang mempunyai keperluan yang sama.
• Aplikasi yang ada di Facebook sangat banyak, sampai-sampai kita dapat bermain Games
• Memiliki fasilitas untuk chatting, yang menurut saya ini dapat menjadi nilai plus, karena ketika kita sedang online kita dapat berkomunikasi secara langsung dengan teman-teman kita yang pada saat itu online juga.

TWITTER :
Sedangkan fitur-fitur yang dimiliki oleh Twitter tidak sebanyak Facebook, dimana :
• Twitter hanya menekankan pada update status, comment status
• Untuk add friends di dalam Twitter digunakan istilah Following sedangkan orang-orang yang meng-add kita disebut dengan Follower.
Menurut gw, yang menjadi kelebihan dari Twitter adalah istilah Tweets, dimana tweets ini adalah status-status yang di update oleh kita. Kita dapat mengetahui berapa banyak tweets yang telah kita input , selain itu untuk membaca tweets yang telah kita input itu sangat mudah walaupun jumlahnya sangat banyak, karena tampilannya sangat simple, yaitu berupa list. Hal yang sama , dapat kita lakukan pada twitter teman-teman kita, kita dapat melihat tweets yang telah mereka input. Pada Twitter kita bisa mengupload foto dan video namun masih harus menggunakan pihak ketiga, mungkin inilah yang sedikit membuat repot.
Jadi pilih FACEBOOK atau TWITTER ? Menurut gwtergantung pada tujuan penggunaan kedua social networking ini. Gw menggunakan keduanya dan menggunakannya untuk tujuan yang berbeda. Facebook is for keeping up with friends and family and use Twitter for getting information and for entertaining my self. I loved read my friend tweets, that very interesting.
Tapi, dengan segala kerendahan hati gw agak “nahan diri” untuk tidak larut dalam dunia maya ini, karena dampaknya bisa nyandu (addicted) dan salah-salah kalau kebablasan bisa menimbulkan salah faham. Tapi bukan berarti gw anti terhadap perkembangan teknologi, hanya menahan diri ! Peace……

Tidak ada komentar: