Minggu, 10 Januari 2010

liburan part 3

Ortu ku bilang rencananya mendadak untuk pergi tanggal itu, awalnya coba cari2 tiket eh masih dapet langsung diambil deh. Katanya kalau direncana suka gak jadi, gak tahu bener atau tidak, padahal biasanya ortu suka planning jauh2 hari. Aku disuruh nyiapin barang-barang yang mau di bawa, dan pesennya jangan banyak-banyak pokoknya diusakan jangan ada barang2 yang masuk bagasi, sebisa mungkin cukup di kabin saja biar gak nunggu lama di tempat bagasi… maleeez katanya.
Ya, semuanya (ber - 4) bawaannya Cuma dikit sip.. sip.. kata ayahku sumringah ha ha ha.
Hari 1 (29/12/2009) :
Berangkat dari rumah jam 05.00, belum pada sarapan tuh… abis kayaknya waktunya sudah mepet banget karena bangunnya agak kesiangan. Sampe bandara, wuih banyak banget yang mau antri masuk dan diputuskan sarapannya nanti saja, kita semua langsung masuk antrian untuk check in. Ngantrinya cukup lama juga, tapi semua ok trus langsung cari ganjel perut dulu. Makan di kantin bandara, weh… karena gak ada pilihan kayaknya pasang harganya gak kira-kira (beda jauh sama yang di kasma he he he). Makannya buru-buru karena sudah dipanggil untuk boarding, makan kayaknya gak dikunyah deh ha ha ha. Aku duduk berderet sama mama & ade, ayahku di barisan yg lain. 1 jam perjalanan terasa cepat, waktu sudah menunjukkan 08.45. Perhitungan ayah oke juga, gak ada barang yg dibagasi jadi bisa cepat keluar bandara. Disana sudah ada yang jemput, eh ada satu hal yang tidak seperti biasanya yaitu kalau di jemputan tidak ada ritual rebutan tempat duduk he he he, semua duduk manis di kursi tengah, ayahku yang di depan. Dan siap melanjutkan perjalanan, mamaku pengen mampir dulu ke Kota Gede itu tuh tempatnya perak bakar. Disana aku sih tertarik sama cara pembuatannya, unik, terampil dan perlu ketelitian yah. Dari situ langsung menuju hotel, check in  beres2  langsung ke Magelang ! Hah, Magelang mau apa ? Ortu ku bilang kita lihat-lihat sekolah disana, weh Tarnus oh my god. Gak gitu deng sebelumnya sudah dukasih tahu dulu, Cuma penasaran tempatnya seperti apa.
Perjalanan dari hotel sekitar 1 jam menuju Magelang, jalanannya monoton tidak ada pemandangan yang menarik, panas lagi hawanya. Akhirnya sampai pada tahap bersemedi (alias ngantuk). Singkat cerita sampe tuh di tujuan, langsung masuk lokasi dan ayahku lapor dulu sama yang piket. Ternyata kalau mau keliling sekolah harus ada yang nemenin, jadi ikutlah salah seorang yang piket tadi untuk nganter keliling sekalian jelasin fasilitas yang ada, mulai tempat berkumpul (aula), sarana OR, ruang belajar, asrama (oh asrama), perumahan pamong (guru), tempat cuci (laundry) dll. Ortu ku nanya, gimana Mam ? ehm… nanti saja deh ceritanya masih perlu diskusi dulu.
Dari Tarnus, langsung meluncur ke Borobudur yang katanya sih gak jauh dari situ. Rutenya ngambil arah yang berbeda dengan yang tadi gak tahu lewat mana yang jelas pemandangannya lebih hijau. Tapi beberapa km mendekati lokasi, kelihatannya awan semakin gelap, pikirku hujan nih. Bener saja pas masuk lokasi sekitar Borobudur… wuih hujan deras banget dan akhirnya diputuskan untuk tidak turun toh besok kita bisa balik lagi. Jadi langsung jalan lagi menuju Jogja mau ke Prambanan. Sepanjang jalan hujan gerimis, gak banyak yang bisa diceritakan selain hujan terus dan ketiduran juga. Sampai lokasi sekitar 15.30, pengunjung masih banyak juga tuh. Eh… bokap gue malah sempet2 nya ketemu temen kantor, dunia sepertinya sempit saja yah. Candi Prambanan, salut deh buat yang bangun. Selesai keliling Prambanan, kita pulang Cuma pintu keluarnya itu lewat pasar yang jual cendera mata gitu, ya udah mamaku nyangkut dimana-mana padahal gue sudah cape banget pengen segera pulang dan mandi. Acara belanja akhirnya selesai juga, kita langsung ke hotel. Trus mandi, dan mamaku ngajak ke Malioboro… ikuuuuut, ayahku sih gak ikutan katanya lagi kurang fit mau tiduran saja. Jadi aku, ade dan mamaku jalan naik beca… pikir-pikir kasihan juga kita ongkang2 duduk sementara abang beca mandi keringat, tapi ya itu emang kerjaannya. Sebenernya aku mau cari sesuatu, tapi apa yah bingung milihnya nyante saja deh. Jam 10.30 kita balik ke hotel naik andong, ayahku sudah tidur kelihatannya agak pilek tuh.

HARI 2 (30/12/2009) :
Pagi-pagi kita sudah siap berangkat menuju Borobudur, abis kemarin kan rencananya batal karena hujan. Tadinya mau lihat sunrise disana tapi berangkatnya harus lebih pagi lagi, wah berat nih… berat bangunnya ha ha ha. Katanya kalau mau lihat sunrise berangkat dari hotel sekitar jam 04.30, wah berarti harus bangun lebih pagi lagi… engga deh ma kasih 
Akhirnya kita berangkat jam 06.00, perjalanan menuju lokasi cukup lancar, aku sih masih ngantuk dan tidur lagi. Sampai di lokasi sekitar jam 7-an lah, cuaca cerah dan hawanya masih dingin. Turun dari mobil langsung diserbu sama yang jualan cendera mata, weh baru juga nyampe sudah dikerubutin. Penglaris… pak/bu, ini topinya buat anak2, nanti di candi panas lho… sejuta kata rayuan dilontarkan mereka. Dan yess… mereka sukses ortu gue akhirnya luluh juga, aku pikir boleh juga keuletannya para pedagang itu pantang menyerah dan agak2 maksa !, boleh juga nih pelajaran buat gue.
Borobudur ? menurut gue nggak salah deh masuk 7 keajaiban dunia (tapi konon sekarang sudah nggak lagi yah… gak tahu). Gue ber -4 hampir setengah harian di sana, bener makin siang udaranya makin panas dan pengunjung makin banyak. Acaranya biasalah lihat2 lokasi sambil putu-putu, tahu sendiri gue tuh paling susah kalau disuruh acting depan kamera, beda sama ade gue (cewe kls 1 SD) weh itu yang namanya di foto… gayanya bo nggak ku ku pokoknya asik aja. Singkat cerita, menjelang tengah hari kita pulang dan seperti biasa pintu keluarnya itu lewat pasar cendera mata dan seperti biasanya lagi mamaku nyangkut lagi disitu… ayahku bilang dasar ibu2. Padahal gue juga nyari2 sesuatu yang simple aja, aaahh… gelang lucu juga nih, aku milih beberapa pasang… lho kok sepasang ? iya gue nyari sekalian buat Sha2 juga 

Dari Borobudur sambil mampir ke tempat2 wisata dan sampai hotel sekitar jam 17.00, lumayan cape juga. Ade gue sih langsung nyemplung ke kolam renang, gue sih mandi saja. Malamnya, mamaku sama ade jalan lagi ke Malioboro… gue sama bokap di hotel saja, cape ah… dan tidur sambil ditemenin sama sms.

HARI 3 (31/12/2009)
Ini hari terakhir di Jogja, pagi-pagi koper sudah pada beres… lho kapan diberesinnya  Dan kelihatannya kopernya kok berkembang biak jadi beberapa anak, wah ini sih harus masuk bagasi. Gak banyak acara hari ini, gue Cuma cari sarapan pagi sambil keliling2 sekitar hotel. Jam 12.00 meluncur ke bandara diiringi dengan hujan sebentar, sampe sana  cari makan  check in dan 13.45 terbang menuju Jakarta lagi. Tepat 14.45 samppai Jakarta, dan suasana Jakarta agak beda dikit, banyak yang jual teropet… ah ini malam tahun baru.